aprile 16, 2006

Satu hal yang sedikit menyebalkan menjelang dan saat hari-hari libur nasional adalah ... harga-harga menggembungkan diri bak atraksi balon panas bulan Januari di Canberra.

Yang positif :

  1. pekerja mendapat tarif upah berbeda, normalnya antara 2x dan 2.5x normal. Hal ini diatur oleh industrial relation law; maka itu mereka yang bekerja di sektor gelap, tanpa visa kerja, atau bekerja tanpa membayar pajak, eg. pekerja di Chinatown, tak bisa menikmati status ini.
  2. bagi publik umum, resto, toko, café dan beroperasi saat tanggalan merah adalah berkah.
  3. menggairahkan ekonomi lokal, efeknya + bagi ekonomi nasional. Yah efek domino lah.
Sedangkan aspek negatif :
  1. pekerja kecil kehilangan kesempatan menikmati hari libur nasional, berkumpul dengan keluarga, demi bekerja atau kadang juga demi upah yang lebih tinggi dari hari biasa.
  2. bagi publik, harga meningkat.
    • harga bensin bisa naik 20 cents per liter dengan mudahnya.
    • surcharge 10% untuk urusan perut. Pizza Hut, resto, kafé semua menambahkan sepuluh persen di atas bill. Alasan, untuk menutupi ongkos membayar ekstra pegawai mereka.
    • hotel, motel, dan apartemen temporari, dan tempat menginap bagi mereka yang butuh di saat peak season ini, tarif sewa mendadak 200%-300% tanpa tedeng aling-aling.

4 comments:

CIAO ITALIA! ha detto...


LOL - iyah euy, walopun 10% keliatan insignifikan, bayangkan misal beli pizza empat biji yah terasa juga apalagi buat pelajar euy ..... bill resto thai kemaren gue dan temen2 >90 bucks, sepuluh persen yah $9.

Anonimo ha detto...

wah kalau suamiku mo long wiken apa nggak mah gak ngaruh, soalnya kalau pas roster libur ya libur aja, tapi kalau masuk ya masuk .. hehehe .. ga ada libur2an nasional di site dia ..

oiya jangan salah, malah Qld itu tajir pemerintahnya dibanding NSW .. itu lisensi kan buat pemerintah cari duit doang .. hueheueheue .. itu kata temenku yg orang sidnih asli .. dia bilang tinggal di sidnih sucks .. makanya orang2 ostrali pada bilang so weird kalau ada orang bilang tinggal di sidni asik .. LOL

oiya petrol aja di subsidi sama pemerintah, jadi harga petrol di sini jadi lebih murah dibanding state lain .. :D

Unknown ha detto...

Apa khabar Pak?

Saya dari Malaysia. Sekarang sedang berkusus di William Air Force Base di Leverton, Victoria. 20km dari Melbourne.

Cuti Easter lepas saya ke Sydney. Tinggal di Malaysia Hall.

Kamu di Australi buat apa? belajar? bekerja?

Dindajou ha detto...

wah. pindah ya.