luglio 04, 2006

italia, asia, australia e tutto il mondo

il quattro luglio duemilasei
Kelas pertama pagi ini. Mulai jam delapan. Tapi entah karena ini masih hari pertama, entah Italians itu sangat kasual dan nyantai (atau malah jam karet, bak di RI) tapi baik classmates dan professoressa-nya tiba telat tak kurang dari lima belas menit.

Dan grade 3 (dari maksimum 5) ini tepat buat saya, banyak nouve parole (new words) dan vocabulario yang harus saya pelajari. Prof-nya juga jelas, saya bisa menangkap dengan baik, ngga keteteran lah.

Lalu, kelas di www.unistrapg.it (University for Foreigners of Perugia) ini ternyata lebih intensif dari yang saya perkirakan sebelumnya. Baguslah, uang sekolah yang saya bayar benar-benar value for money. Dan kalo dibandingkan dengan di Australia dulu, kelas bahasa di Italia ini bukan cuma melulu bahasa, pun mencakup civilitas, kebudayaaan dan kultur italia – singkat kata, mereka berusaha “mengitalianisasi total” si student. Dan kelas civilitas, apalagi ini Italia salah satu “land” tertua, lumayan menarik, tadi aja si Prof memperkenalkan sejarah singkat negeri tua ini. Siapa duga, ternyata nama «italia» diderivasi dari land of milk (LATTE) nama kuno Yunani millenia untuk daerah sekitar Calabria – walaupun lucunya, Calabria, kini, region paling Italian, paling termarjinalisasi secara ekonomi.

Tapi classmates, ai ya ya, bak di Korea aja. Hehe, kelas tersebut ternyata dimonopoli oleh suku Asia Utara, 70% dari Korea, sisanya setara Japon dan China. Selain dari tiga besar tersebut, yah saya, lalu satu pemuda Kazakhstan dan dua pemudi Cipriot (Cyprus).

Dan memang sebelumnya saya juga udah denger-denger rumor bahwa student Asia itu demen bikin grup-grup, entah alasan insekuritas atau emang memang prefer bikin klub eksklusif, tapi saya pun ngga terlalu tertarik untuk terjerumus. Bukan melecehkan, tapi sama halnya dengan bahasa Anglosakson, students Asia Utara itu kebanyakan aksennya ngga bagus. Nah, entar, gimana Italian saya mau bagus?

Untungnya flatmates saya pun punya lingkaran teman native Italians dan idealnya saya juga sering begaul dengan locals.
+++

Sebagai bonus, kepada semua temans setiap blog stupidissimo ini, berikut bawah foto diri saya yang selama ini terlalu nyaman bersembunyi di balik anonimitas dunia web.

13 comments:

Anonimo ha detto...

Kaget ya..mereka memang suka sedikit ngaret..
Mending sering2 nongkron di bar dan baur sama orang lokal.


Lihat partita gak, ternyata la squadra azzurra masih tak terkalahkan oleh Jerman. Besok Les Bleus...Final Azzurri - Des Bleus.. pasti rame.

Anonimo ha detto...

proffesoressa-ku dulu kalo ngaret ga tanggung2. Pernah se-jam. paling bentar 30 menit :P

BTW, horeeeee Italia menaaaaaaang!!! :D aneh, rasanya secangkir cappuccino hangat terasa sangat nikmat pagi ini :D la la la..

Anonimo ha detto...

oh, selama ini sembunyi toh? tp ko sama yaa potonya dengan orang yg ketemu saya di library nya UTS ? *wink2*

Anonimo ha detto...

waaaaaaaa... akhirnya 'coming-out' juga... kikiki... mari narsis bersamaaaa!!! :P

Anonimo ha detto...

tari: si si si

allez les bleues!

gli italiani sono pazzi del calcio!

semua : maafkan foto yg buruk.

Anonimo ha detto...

Someone seems to enjoying Europe quite a lot till he decided to uncover the anonymousity ..

:D

PS: I love the match, I am so happy for those Italians !!!

Anonimo ha detto...

Hola,,

ada pesan dari seorang Signorina, katanya.. wah hebat kamu! bravo!! bravo!! grosso! piero! maafkan kami yang cupu dalam berbahasa italiano,, non parla Italiano..

teach us, teach us! we promise no more lelet.. hehehe..

enaknya yang ke italia,, it's the Signorina's dream,, apalagi belajar bahasanya langsung di sana,,

btw, u hang out wit the locals, rite? titip satu buat the Signorina. (Palagi yang namanya Angelo).. tolong dipaketin ke Brissy,, hawhawhaw,,

ps: ga usa kaget, orang yang kerja di instituto italioano menteng aja pada lelet,, palagi yang orisinil,, hehe,,

Anonimo ha detto...

adooo,,, dah nulis panjang2 kok ga ke-submit,,
intinya sih tadi orang yang kerja di instituto italiano menteng aja pada lelet,, palagi yang original,, hehehe,,

ps: seorang Principessa menitipkan satu orang local untuk dipaketkan ke brissy,, kalo bisa bernama Angelo.. hohoho..

pps: kamu hebat!! ajarkan kami bahasa itali dong,, ;p

Anonimo ha detto...

silverlines : excellent match, was so cool. and watching it amongst those soccer-crazed italians mamma mia, was incredibile (not just incredible) hehe .. yeah life feels good at the moment, i let my guards down a bit that's how my photo came about. sorry, i should probably remove it (soonish?) hows life in the capital of good food Jakarta, kafe bakoel masih seringkah?

da conks : messages ngga diedit, ngga disensor, ngga diapprove, emang blogspot kadang kaya gitu aneh, mssges bisa ilang kalo lagi jelek mood'nya. sori berat, gue ngga bisa ajarin italian hehe, apalagi status diriku juga skrg in STUDENT of italian. enjoying my course so much though.

ciao ciao

Anonimo ha detto...

bete.. temen2 pada pulang indo dan gue kaga ikut. bos gue bilang she doesn't need me anymore soalnya harus train banyak newbies padahal gue pengennya dapet lebih banyak shift liburan ini. gue baru aja bikin perkedel, dan sadar kalo gue lagi carb diet. ihiks...

Anonimo ha detto...

Life's been very generous and kind at the moment.
Bakoel's still there in the list of quiet place to visit, it's not the kind of place to be seen nor to see.
That's why I love it much.

Anonimo ha detto...

Ahh..finally, a face behind a name of Macchiato!

Didn't know that you're in Italy for taking language course. Bravo!

Anonimo ha detto...

pipit, hehehee efek allegresse chez les italiens. iyah diriku hendak mempelajari lingua romanesque.