maggio 05, 2006

les jours

Satu hal menarik mempelajari keluarga Romance languages adalah kesempatan mengintip gaya hidup zaman kuno. Zaman antik yang tak banyak diketahui masyarakat modern di luar peradaban Eropa.

Contoh, Roma dan provinsi-nya semua memberi nama hari via referensi perbintangan (kecuali suku Portugis di semenanjung Iberia! Entah mengapa ...) Sedangkan bahasa Inggris, justru saya malah ngga terlalu paham asal usulnya, mungkin harus ngerti Germania dulu.
French || Italian
lundi || lunedì = day of the moon (luna)
mardi || martedì = day of Mars
mercredi || mercoledì = day of Mercury
jeudi || giovedì = day of Jupiter
vendredi || venerdì = day of Venus
samedi || sabbato = day of sabbath
*dimanche || domenica = (day of our Lord, dominus)
*dimanche = domenica = dominus - aduh, benarkah? Mana nih yang jago bahasa Latinnya? Di sini bahasa mati Latin masih ada kursusnya loh, di sekolah Katolik elit tertentu, dan Sydney Uni misalnya. Lorem ipsum bleh .... ^^

+++

Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu.
Nama-nama hari bahasa RI diadopsi dari bahasa Arab yah? Ada yang bisa menjelaskankah?

+++

Bon Week-end à tous !
Grosses bises ...

11 comments:

Anonimo ha detto...

Latin? Mmmm.. mm "nyaris" jadi bahasa mati. Terbatas pada dokumen dan istilah2 disiplin ilmu tertentu. Beberapa Univ. di RM masih mewajibkan. Tahukah kamu? Buku Harry Potter.. di sini pun dicetak dan dijual edisi Latinnya. Boh.. sapa yang mo baca? Strategi bisnis? Ato "sekedar" upaya meng-klasik-kan sebuah karya... sejajar Cicero etc.. sapa yang tahu... :)

Anonimo ha detto...

betul.. nama2 hari dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Arab, mulai dari Isnin, Tsalatsa, Arba'a, dst.. kecuali hari Minggu, klo bhs Arab kan Ahad ;)

Anonimo ha detto...

WD : non conosco Cicero, scusaaaaaaaami! Hai letto HP 5 edizione italiana allora?

Yanti : ah ada pun beberapa bahasa Eropa selatan, Maltese, yang banyak pengaruh Arab-nya.

Anonimo ha detto...

Ahad = Satu
Itsnin = Dua
Tsalatsa = Tiga
Arba'a = Empat
Khamsah = Lima
Jum'ah = Enam
Sab'ah = Tujuh

Anonimo ha detto...

chika : mantep euy. ^^ makasih yah.

Anonimo ha detto...

and while you're there, it's worth pointing out that sabtu-sab'a-sabbath= it's the seventh day in the bible. but i'm sure you already know that :-)

Anonimo ha detto...

Mas Macchi, boleh khan nambah lagi...

Minggu trnyt berasal dari bahasa Portugis: domingo (=dominus, Latin).

ketika kutanyakan, seorang kawan lalu berbisik:
"hari" dalam Latin adalah "dies". Begitulah Italia dan Perancis "mengebiri"nya dalam format terkini & menyisakan akhiran -i. Lengkapnya:

domini dies
lunae dies
martis dies
mercuri dies
iovis dies
veneris dies
saturni dies (atau sabbatum-sabbati.. lha yg ini sih akarnya dari bhs Ibrani yang mm msh serumpun dengan bhs Arab, Sabat)

Knp dinamai begitu? sederhana saja to.. dunia ala Romawi dipenuhi dengan dewa-dewi sesembahan, termanifestasi dalam semesta alam.. makanya tiap hari didedikasikan buat sesembahan berlainan, supaya mereka ga saling rebutan kali :D

salam

Anonimo ha detto...

treespotter : got it, no worries eh.

widhi : sei molto gentile! ah iyah addendum darimu lebih masuk akal, penamaan hari tentu saja direferensikan ke dewa-dewa Romawi (dicontek dari Yunani, LOL) ... dan nama Dewa tersebut nantinya dilimpahkan ke penamaan planet. Dan sekarang pertanyaannya : mengapa gennaio, gennaio ? hihihi

Anonimo ha detto...

Kenapa London jadi Londra atau Paris jadi Parigi atau Jakarta menjadi Giakarta dlm bahasa Italia? ah.. setiap bahasa punya sistem bunyinya ya.. Bahasa Indonessaaa saja bisa kedengaran berbeda2 di masing2 isola nusantara. :)

balik ke gennaio... kenapa jg ya? latinnya: ianuarius-i. Tentangnya tentu saja Om wikipedia menyajikan banyak data. cek saja kepadanya :)

kecil saja yang terlintas di benakku: kata benda masculin hampir semua berakhiran -O in italia. Latin lebih kompleks lagi. Sementara genus tetap dipertahankan masculin seperti latin, akhiran menjadi -O: gennaio. Untung bahasa2 modern tak meneruskan tradisi deklinasi kata benda latin. Bisa tambah pusing..hi.hi.hi.

atau.. adakah kaitannya dengan "gennao", verb Yunani utk bilang: melahirkan, menyebabkan..etc. Bukankah Januari adalah awal tahun? Che ne dici, Macc..? :)

Anonimo ha detto...

Teori saya : London adalah nama lokal Celtik, di kontinental Eropa ia tetap dengan nama (semi) Latin-nya Londra atau Londre, artinya .. hm, kalo boleh menduga, Lon = lion (ingat, emblem monarki Inggris ada singa, dan ada juga unicorn! hehe euh bingung dah) ... comunque, knp gennaio ... euh, saya bukan ahli bahasa Toscana sayangnya.

jabarkan peta permasalahannya, siapa tau ada pola yang terlihat :

janvier
fevrier
mars
avril
mai
juin

*juillet
*aout (august)

Euh nyerah deh, saat ini saya blm punya jawabnya, lain kali saya usahain cari tau mengapa janvier janvier dan gennaio gennaio.

Tapi luglio dan agosto, kamu dan tau sama sama tau atuh! heheee ^^

Minggu depan kita bincangkan kisah kedua Kaisar tersebut yah!

a presto

Anonimo ha detto...

Ini blog bener-bener bagus, lebih hebat dari forum. :))