giugno 10, 2006

Selama! Have You Eaten? No Chewing Gum!

Bagi saya menarik sekali mengetahui isi hati dan pikiran orang «luar» terhadap rakyat Indonesia. Saya besar di Jakarta jadi ngga tau banyak adat istiadat daerah dan provinsi lain. Tapi housemates saya bisa dibilang seringkali antusias bertanya, How do the Indonesians do, think about, ...

Berikut dipetik dari situs: a-zoftourism.com
Ada beberapa perspektif-nya yang quirky, kalo tidak bisa dibilang aneh dan tidak biasa. Tampaknya "guide" ini dirangkum oleh seorang non-Indonesian. Perlu dimaklumi juga terdapat banyak mispellings dan kerancuan tanpa penjelasan.

ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº ººº

Do not hurry introductions and greetings in Indonesia, you should be slow and deliberate.
«Perlu ditambahkan, introduksi di RI seringkali terkait atau berujung-ujung dengan acara makan-makan atau icip-icip penganan. Adalah de rigueur bagi si tuan rumah untuk mengeluarkan sajian terbaiknya. Teh manis, kopinya mau seberapa gulanya? Hehehe»

The handshakes is the standard greeting in Indonesia, along with the Indonesian greeting Selama, meaning peace.
«LOL, selama apa coba artinya? Vernacular RI tertukar oleh Melayu??? Atau jangan-jangan selama ini kita emang menggunakan: Selama pagi, Bu! (di kelas); Selama Makan (di pesta) ─ no?»

"Have you eaten" is the standard Chinese greeting in Indonesia. Treat this much in the same as "How are you".
«Perasaan, di banyak tempat di Indonesia, Sudah makan belum adalah standard entah Chinese atau non-Chinese. Bukankah begitu?»

Do not touch peoples heads in Indonesia.

The left hand is considred unclean in this culture. You should use your right hand at all times and whenever possible in public.

The feet are also considred unclean in this culture dont gesture or point with them and never put your feet on tables or chairs. Indeed never show the souls of your feet.
«Never show the souls of your feet? Aduh, saya ngga tau kalau kaki saya juga punya "jiwa" ─ LOL maksudnya sole kali? Memang rakyat RI antipati dengan sol sepatu? Mengapakah? LOL»

Do not point or wag ones finger when in public, gesture or point with with a full hand not the inderx finger.

Do not chewing gum in public.
«Do not chew gum ... Err.. ini tertukarkah dengan Singapura ??? »

9 comments:

Anonimo ha detto...

ahaha, sebenernya sih asian culture itu emang selalu menarik untuk dirangkum oleh western people. yaaah, apapun yang 'asing' selalu menarik

^^

di pelajaran 'consumer behavior' semester-semester lalu, pasti ada section khusus tentang 'customs and habits in certain cultures'. biar ga salting di negara orang.

oo~? no gum chewing in indo? kaenya gapapa deh disini... kalo di singapore emang strictly prohibited sih.

«Never show the souls of your feet? Aduh, saya ngga tau kalau kaki saya juga punya "jiwa"
gw ngakak pas baca ini... LOL

Anonimo ha detto...

.......Never chew gum while you are saying selama with your souls of yout feet on the table.........

Di Sing, kayanya larangan perment karet sudah di cabut di tahun 2002. Sementara Vatikan, kesusahan bersihin grafiti dan permen karet yang mengotori dinding dan lukisan karya para maestro.

Anonimo ha detto...

Semua temen gue di sini pasti kaget setiap kali gue bilang menyentuh kepala orang lain di Indonesia itu sesuatu yang tabu! Pernah sekali sampai ditanya alasan ideologis dan philosophis di balik larangan ini, yang ada gue bingung juga..hihihi.

Udah nggak kehitung berapa kali gue musti nerangin ke semua orang kenapa gue secara otomatis akan menghindar atau menepis tangan mereka yang ngucek-ngucek kepala.

Inilah susahnya jadi orang mungil di negeri manusia raksasa. Mentang-mentang gue imut dan lucu (oalah), semua orang bawaannya kepengen ngucek-ngucek kepala. *sigh* Coba ramah tamahnya diganti dengan bagi-bagi duit...hihihi. :)

Macchi, tanggal 16-18 Juni bakal ada fete de la musique lho...musik dimana-mana, gratis, termasuk musik klasik yang kalau hari biasa cuma bisa dinikmati di opera house....jadi dateng kan? :)

Anonimo ha detto...

buka encarta deh...mengenai Indonesia

lebih lucu lagi :D

Anonimo ha detto...

kelihatan ada thread bahwa asia ya segitu aja, supaya bule tetep dianggap paling unggul, hehehe

Anonimo ha detto...

hehe....

Anonimo ha detto...

kappa : emang mengetaui hal-hal asing penting bgt, era ini. Sayangnya RI bak ketinggalan jauh dibanding tetangganya di asia, afta asean aja gmn kbrnya skrg?

tari : ciauzz, non potrai credermi: sto leggendo un libro che racconta molto del Vaticano, del suo Museo, un po della sua storia ... fascinante per me.

Anonimo ha detto...

|| pipit : beritaukan tgl dan tempat saweran duitnya. lol. euroloto jatuh ke genève kah?

Quant à la tête sacrée: ca pourrait être qu'il y avait une fois que son âme se manifesta au sommet du corps donc la tête était symbolisée comme une chose sacrée ... bon j'en sais pas. ||

|| Hedi : thread apakah maksudnya? ||

Anonimo ha detto...

di spore cmn ga ada tempat jualan chewing gum. tp rasanya boleh kok chewingnya.