novembre 26, 2008

anjing makan anjing

Hoah nggak gampang jadi penulis buku (baru). Tantangannya banyak dan datang beruntun. Mungkin juga lebih simpel jadi penulis lepas untuk surat kabar, bisa lebih lepas dan lebih fleksibel mengejar tema.

But hey, that's life. Makasih untuk email yang dikirim ke unmacchiato at gmail.com - setiap email pasti dibalas begitu sempat. +dengan catatan, bukan email yang "aneh"....

huhuhu, apa sih kriteria yang aneh.

Sejauh ini semua masih oke-oke aja; ada pecinta italia yang mau kenalan (ok), diskusi langsung (mmm, rada sulit, karena lokasi yang berada di luar RI), interview (tapi kadang nggak jelas tema dan tujuannya).

ehehe sejauh ini semua masih no worries, no prob.

Hingga tiba satu email ... aneh, minggu lalu.

Email super aneh tersebut awalnya made no sense. nggak masuk akal. tapi begitu dibaca kesekian kalinya. KLIK. The coin dropped.

Email tersebut dikirim dari seorang pengacara berkebangsaan Italia yang mengaku telah menerbitkan buku di Indonesia. Orang tsb mengaku mencintai Italia, seperti saya menyukai negerinya, Italia.

Masalah berhembus ketika orang tak dikenal ini tanpa babibu menuduh saya telah menjiplak bukunya yang diterbitkan bulan Februari tahun ini, oleh penerbit yang kemungkinan bersaing di pasar perbukuan dengan penerbit di mana saya bernaung, Gagasmedia.

Orang tersebut tidak pernah membaca buku CIAO ITALIA! dan hanya mengandalkan laporan dan kata-kata editornya. Menurut "mereka" CIAO ITALIA! adalah jiplakan tulisan dan idenya.

Jelas nggak mungkin.

Karena (1) saya nggak pernah menyentuh buku yang diterbitkan orang tsb, (2) CIAO ITALIA! adalah memoir pribadi yang tidak mungkin bisa sama dengan hasil karya "buku tips" mencari cinta orang eropa; (3) simply, beda tema, bung.

Si pengacara aneh ini membuka emailnya kepada saya dengan frase non-profesional "i'll find u and kill u and ur family..."

Oke, apapun motifnya orang tersebut membuka saya mata lebih lebar lagi. persaingan di industri perbukuan ternyata anjing makan anjing, dan editor yang kurang sukses lebih memilih untuk nge-diss buku pesaing.

Kepada orang aneh & editornya (YOU KNOW WHO YOU ARE WHEN YOU READ THIS) ... makasih, kalian telah memicu saya untuk jadi lebih giat mengerjakan buku kedua saya.

And guess what? I'll send you a copy of my second book next year.

Dan mari kita lihat apakah saya masih "mencuri" buku kalian...

:-)

9 comments:

Anonimo ha detto...

kalo mau lebih aman bawa ke polisi aja kasusnya, asal kamu mau juga repot bolak balik ke kantor polisi untuk berita acara pemeriksaan.

tapi biasalah, semakin tinggi pohon, makin kencang anginnya.

Semangat terus, Ma :D

Gama ha detto...

Allo Bang ... iyah, banyak temen aku yang nyaranin lapor ke polisi! Semua kemungkinan masih terbuka.

Khoirunnida ha detto...

Wah parah ya perro tuh hahaha. waaah buku kedua tentang apa nih?

Unknown ha detto...

buku ke 2 nya kapan terbit ? Ga sabar nih nunggu. tips nya berguna banget walaupun belum akan sy pakai skrg2..pokoknya top lah.
selain Itali, nanti di tulis juga kan tips2 berpetualang ke negara2 eropa lainnya. Ditunggu ya tulisan berikutnya.
Sukses terus, jangan kecil hati atau patah arang gara2 e-mail yg begituan, biasa itu..org ngiri ada di mana2. Jadikan sebagai pemicu sukses aja ( disirikkin orang..hehe )
semanagt ya, dan sukses teruss !!

she aquinaldi ha detto...

mo ksh saran ne..gmn kl tar buku keduany bukuna jgn pake lem doank..dijahit jg gt..
jd..kmrnan gw beli buku lu n baca,lama2 bs lepas gt halamannya..jd kan sayang,maksudny ga tahan lama gt..hehe..

Anonimo ha detto...

semangat yaa gamaa,, buku kamu bagus kok! anggep aja iri tanda tak mampu~
take the positive side of these case ajaaa
=)

Anonimo ha detto...

Gama, teruslah berkarya !! , ga usah pedulikan org yang nuduh kamu ngejiplak. In boca al lupo

CIAO ITALIA! ha detto...

allo semua

Makasih untuk komen-nya!

=)

Gama

Unknown ha detto...

clue buku kedua setting di sicilia.. oopss...