aprile 15, 2007

Orang Perancis arogan? Orang Italia ekstra ramah? Maah ...

Aduh hari gini masih aja populer stereotyping dan generalisasi ... ouff.

Di kereta trenitalia menuju France, pagi hari jam sembilan, sebab itu kereta malam maka sebagian penumpang pun telah sempat mendapatkan beberapa jam tidur yang relatif nyaman (pun mungkin lelap) : di kabin sebelah sang penumpang adalah seorang bapak perancis dan seorang bapak India, mereka sibuk berdiskusi mengenai hal-hal yang dapat dibincangkan antar dua orang asing yang bersua di kereta eksotik ini - diskusi berkisar terutama mengenai pengalaman si bapak Gallic yang pernah tinggal di India.

Tak ada masalah. Bapak Perancis turun di stasiun dan bapak India tinggal sendirian di koridor kereta. Kami masih menunggu kereta melanjutkan rute côte d'azur ini.

Di kabin kami selain saya ada dua anak muda amerika dan satu ibu perancis. Salah satu anak muda ini, Owen, tinggal di Montpellier, Perancis, dalam program studi exchange.

Dan bapak India pun memulai percakapan - mungkin awalnya untuk mengusir kebosanan:

─How are the French? Are they kind and helpful or arrogant?

Owen: mhh what do you mean, in what way?

─Do they speak English well? I don't speak French but all the time I was in Italy, Italian don't speak English but they're very helpful, they couldn't explain what I wanted they helped me a lot, they did everything to help me. Is it the same with the French? I guess they will speak more English but I'ver heard they're not very kind ...

────────────────────────────────────────
Aiiyah, hari gini masih ada bapak-bapak yang men-generalisasi dan men-stereostype bangsa tertentu, orang Italia tidak jago bahasa Inggris, orang Perancis arogan etcetera.

Mah ... menurut saya itu bak formula medieval.

Orang Italia mungkin tak banyak yang fluent dalam bahasa Inggris, orang Perancis mungkin standar Eropa lebih luwes dan berinteraksi dengan Anglomonde, tapi untuk bilang orang Italia lebih ramah, orang Perancis arogan, bullcrap, idiosinkrasi jaman pertengahan.

Pengalaman saya berkata, banyak juga orang Italia yang saya kenal yang jago berbahasa anglo, pun banyak pula orang Italia yang relatif jahat, tak peduli akan kesulitan, ia tak akan menolongmu; saya pun kenal banyak teman Perancis yang super duper ramah dan tak arogan sama sekali dengan non-French.

Eh allora ...?

Jangan lupakan dogma nasional kita bahwa bangsa Indonesia ramah sopan santun dan sebagainya? Ngga semua begitu. Ngga bisa men-generalisir hari gini.


No ...?

1 comments:

Da Conks ha detto...

benaaar!!!
gw punya temen orang jerman di brisbane. katanya sih, orang jerman itu arogan. tapi nyatanya, dia bahkan ramah en sopan banget, yang katanya bisa lebih sopan dari orang orang asia. haha.. generalising kesopanan orang asia..